Dunia Rafi

H1N1 (Swine Flu) Kebal Tamiflu?

Posted in General healths by wiratara on Agustus 4, 2009

Pagi ini saat membuka email di Yahoo ada sebuah berita menarik. Bukan sebuah kejutan sebenarnya, tapi justifikasi dari prediksi banyak orang. Ya, berita di Yahoo itu melansir pernyataan para ahli dari PAHO bahwa telah ditemukan kasus virus H1N1 resisten (kebal) terhadap tamiflu di beberapa negara (US, Canada, Jepang, Hongkong). Terus apa artinya? Artinya bahwa virus H1N1 telah bermutasi kembali membentuk keturunan (strain) baru yang lebih poten dan kebal terhadap ‘oseltamivir/tamiflu’.

Wah, kalau Tamiflu sudah tak mempan, obat apalagi yang bisa dipakai? Saya yakin pasti ada, cuma mungkin kuantitas dan harganya yang sulit dijangkau oleh negara2 berkembang. Dalam kunjungan ke kantor WHO di Jenewa, saya pernah bertanya kepada salah satu penanggungjawab penanggulangan wabah H1N1. “Bagaimana bila strain H1N1 bertemu dengan strain H5N1 (virus flu burung) didalam 1 tubuh, apakah akan memicu munculnya strain baru gabungan keduanya yang akan lebih poten, mematikan dan sangat mudah menyebar?”..hari itu sang ahli menjawab “tidak tahu, walaupun kemungkinan itu bisa jadi ada, kami sedang mencoba melakukan penelitian tentang itu”..Ah, jawaban normatif menurut saya.

Munculnya strain baru H1N1 ini diprediksikan karena pemakaian Tamiflu yang tidak berdasarkan resep, karena menurut info yang ditulis di Canada dan di Mexico Tamiflu bisa dibeli bebas. Untuk di Indonesia saya rasa kebijakan pemerintah bahwa Tamiflu tidak bisa dibeli bebas. Mudah2an strain baru ini tidak muncul di Indonesia walaupun kemungkinan itu cukup besar.

Salam sehat,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: