Dunia Rafi

Pandemi Flu Babi (Swine Flu) sudah didepan mata..

Posted in General healths by wiratara on April 29, 2009

Wah…baru 2 hari ini saya mengikuti berita mengenai Swine Flu dan ternyata sudah begitu luarbiasa.. Malu sebenarnya saya yang mengaku sebagai calon praktisi public health kok ketinggalan berita yang begini besar.. Yuk mari kita ulas sedikit masalah Swine Flu ini.

Swine Flu: Waspadalah…Waspadalah…

Swine Influenza(Swine Flu) adalah penyait saluran pernafasan pada babi yang disebabkan oleh virus influenza tipe A (H1N1) yang sering menyebabkan wabaha pada babi. Pada umumnya penyakit ini tidak terjadi pada manusia meskipun mempunyai potensi untuk ditularkan ke manusia dan pada beberapa kasus memang terjadi. Sebelumnya pernah dilaporkan adanya kasus penularan swine flu ini dari manusia ke manusia, tetapi penularannya hanya terbatas dan tidak melebihi 3 orang (1). Tapi itu dulu, lain lubuk lain belalang, lain dulu lain sekarang. Mungkin virus ini sudah bermutasi dan mencapai tahapan lanjut yang sudah cukup poten.

Saat ini CDC dan WHO telah menetapkan bahwa virus Swine Flu ini (H1N1) sangat menular dan menyebar dari satu manusia ke manusia yang lain. Bahkan WHO sudah menyatakan pandemi fase 4 (artinya sudah ada penularan dari MANUSIA ke MANUSIA, yang menetap di minimal satu negara, yang pada kasus ini adalah Mexico dan mungkin US juga) (1,3). Ingat kasus Flu Burung (H5N1) di Indonesia? Nah yang itu baru fase 3, artinya ada penularan dari HEWAN/UNGGAS ke MANUSIA tetapi belum ada bukti penularan dari MANUSIA ke MANUSIA meskipun ada beberapa kasus kluster yang terjadi di Tangerang dan Sumatera Utara. Jadi secara Fakta sudah jelas, bahwa virus H1N1 ini jauh lebih berpeluang menyebabkan pandemi global dari pada H5N1. Wah, cukup mengerikan ya.

Yuk kita bicara statistik. Kasus yang menyebabkan potensi global pandemi kali ini dimulai ketika ditemukannya kasus positif di Mexico pada seorang bocah umur 4 tahun yang tinggal didaerah di Veracuz state yang terkontaminasi oleh peternakan babi pada tanggal 2 April 2009. Kemudian dalam hitungan hari (sekarang tanggal 28 April), kasus ini sudah menyebar pada 2000 orang di Mexico dan diperkirakan lebih dari 150 diantaranya meninggal dunia (2). Bandingkan dengan kasus Flu Burung di Indonesia yang memerlukan waktu lebih dari 5 tahun untuk merenggut nyawa sejumlah tersebut. Hmm..dahsyat! Sedangkan di Amerika sendiri kasus yang tercatat sudah 50 kasus tetapi umumnya lebih ringan sehingga hanya 1 orang yang harus dirawat dan belum ada korban jiwa. Diseluruh dunia sudah tercatat 79 orang yang positif (confirmed) terserang H1N1 ini, sedang WHO mengklain sejumlah 73 orang (2,4).

Apapun angkanya, melihat dari rentang waktu, jumlah yang terinfeksi, dan jumlah korban yang meninggal (keparahan), bisa dikatakan bahwa Swine Flu ini adalah kandidat terkuat untuk menjadi global pandemi. Hal ini tentunya mengingatkan kita pada Flu Spanyol pada 1918 yang menginfeksi sekitar 500 juta orang diseluruh dunia dan mengakibatkan kematian pada 25-50 juta orang dalam kurun waktu sekitar 1 tahun. WHO bahkan menyebut bahwa FLu Spanyol ini adalah penyakit paling mematikan yang pernah ada didalam sejarah manusia (5). Wah..wah..wah..

Sepertinya kita memang harus benar2 wapada. Kemarin ramai tentang Flu Singapura, yang walaupun tidak mematikan tetapi cukup menghebohkan. Menghadapi Swine Flu ini pemerintah dan seluruh jajaran departemen dan komponen masyarakat harus bahu membahu supaya virus ini dapat dihambat masuk ke Indonesia. Dengan kondisi cuaca tropis dan hygiene dan sanitasi masyarakat kita yang masih rendah, bukan tidak mungkin Ledakan Pandemi Global Swine Flu ini yang paling parah Justru terjadi di Indonesia. Naudzubillah!

Teman2 TS Dokter, mari kita budayakan sharing informasi dengan keluarga, masyarakat sekitar, pasien, dan siapapun yang dijumpai. Sehingga mereka bisa memperoleh informasi dengan akurat dan terpercaya. Walaupun penyakit ini belum masuk ke Indonesia, alangkah baiknya kalau kita mempersiapkan diri dengan baik, katanya kalau tak kenal maka tak sayang. Mudah2an Alloh SWT selalu memberikan kita perlindungan dari segala macam marabahaya dan penyakit. Amin.

Salam Sehat,

Selamet Hidayat

———————————————————————————————-

Data teknis:

Spesifikasi Swine Flu:

Penyebab: H1N1 (Virus Influenza tipe A)
Transmisi : Babi ke manusia, manusia ke manusia via udara (droplet atau cairan lendir hidung, lendir bersin dan batuk, aerosol, etc). Droplet yang menempel pada benda-benda (meja, kursi, pegangan pintu, dll yang terkontaminasi droplet) dapat bertahan hidup selama 2 jam dan mempunyai potensi untuk menular.
Inkubasi : 1 – 7 hari baru akan mulai onset.
Tanda dan gejala: Pada umumnya serupa flu biasa, tetapi lebih progresif dan fatal dalam hitungan hari.
Gejala yang sering ditemukan adalah demam, batuk, sakit tenggorokan, sakit2 seluruh badan, sakit kepala, menggigil dan lelah. Pada beberapa kasus juga ditemukan diare dan muntah.

Terapi : CDC merekomendasikan penggunaan Oseltamivir (Tamiflu) untuk pengobatan atau pencegahan. Pemberian obat anti virus ini akan efektif apabila dimulai segera saat muncul gejala atau sebelum 2 hari setelah munculnya gejala.

Note: Pasien yang menderita Swine flu akan mempunyai potensi menularkan penyakit ini selama rentang waktu 1-7 hari setelah onset.
————————–————————–————————–—————-

Sekarang Anjuran dari CDC untuk prevensi (1):

• Tutup hidung dan mulut dengan tissu saat batuk atau bersin, buang tissu ke tempat sampah yang bertutup.
• Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sesering mungkin, terutama setelah batuk atau bersin dan setelah beraktivitas di area publik. Pembersih tangan berbahan dasar alkohol (antis, dll) juga terbukti cukup efektif.
• Hindari sering-sering menyentuh mata, hidung dan mulut, karena virus dapat menyebar melalui cara ini. Apalagi setelah tangan anda menyentuh benda2 yang kemungkinan terkontaminasi oleh virus (permukaan meja, pegangan tangga, pegangan bus, dll) Avoid touching your eyes, nose or mouth. Germs spread this way.
• Sebisa mungkin hindari kontak dengan pasien suspek/confirmed swine flu
• Jika anda sakit flu, usahakan tetap tinggal dirumah dan tidak beraktivitas di kantor atau sekolah untuk menghindari transmisi dan juga sebisa mungkin periksa ke dokter atau RS terdekat.

————————–————————–————————–—————-

Referensi:

1. CDC, Swine flu and you. URL: http://www.cdc.gov/swineflu/swineflu_you.htm
2. WHO, Swine Flu. URL: http://www.who.int/csr/disease/swineflu/en/index.html
3. WHO, Pandemic phase. URL: http://www.who.int/csr/disease/avian_influenza/phase/en/index.html
4. Yahoo, WHO raises global alert. URL: http://news.yahoo.com/s/ap/20090428/ap_on_he_me/med_swine_flu
5. The Spanish Flu. URL: http://www.nwabr.org/studentbiotech/winners/studentwork/2006/WB_SC_Rimbakusumo/hspanflu.html

2 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. bams said, on Juni 21, 2009 at 5:32 pm

    nice article doc..!
    salam kenal sblmnya..

    saya terkesan karena artikelnya tetap “ilmiah” meski dikemas dgn gaya populer dan enak dibaca. udah gitu di artikelnya dicantumkan referensi, saat sbgn besar sejawat lain tidak mencantumkannya saat mengulas ttg topik tertentu di blog masing2… padahal kalo isinya adalah medical content kan harus ada EBM-nya ya.., nggak bisa berdasar opini atau sekedar “pengalaman” semata..😉

    bila ada waktu luang ditunggu kontribusi dan sharing ilmunya-nya utk rubrik kesehatan di jurnal yg saya link di atas ya dok..
    sukses selalu..!

  2. wiratara said, on Juni 26, 2009 at 11:06 pm

    Sama-sama..mudah2an bermanfaat


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: