Dunia Rafi

Cool Outside..Burn Inside! (Dilagukan kayak iklan U C 1000)

Posted in CelotehAyah&Mama by wiratara on Maret 18, 2009

Hah!
Hari ini pelajaran resolusi konflik lagi..
Mungkin dah yang keberapa kali saya ikut training/kuliah tentang bab ini..
Sampe2 hari ini saya speechless…alias mbisu…

Cuman ada sesuatu yang tiba2 terlintas dibenak ini..
teringat beberapa tahun yang lalu…ya..beberapa tahun yang lalu..
Rikolo jaman semono, saya masih seorang fresh graduate, sedang “gaya-gayanya”..maklum “dokter” baru lulus…ilmu tak seberapa…yang penting “nggaya”..
Jiwa muda, ilmu yang pas-pasan, ditambah kumpul dg beberapa orang dg sifat yang sama…wuahhh…jadilah! maksudnya, jadilah tak karu2an..
Saat itu saya adalah pribadi yang emosional, terkadang suka asal2an, terlebih dalam memperlakukan orang…mulai dari kawan sekerja, sopir dikantor, hingga klien tempat saya kerja pernah jadi pelampiasan kemarahan saya…akibatnya..yah..penah hampir baku hantam ma sopir di medan, ampe sopirnya ngambek mau tinggalin mobilnya disono…wah, pokoknya bisa dibilang blo’on banget dah saya waktu itu..

Cuman satu yang saya acungi jempol pada diri saya sendiri..(ngelem ndas sepur)..dan sampai saat ini selalu saya jaga…saya orang yang “straight forward”…makanya terkadang itu yang menjadi masalahnya.
Saya cenderung suka bilang apa adanya..suka..tak suka…benci..atau bahkan terang2an berkonfrontasi dengan lawan…itu mungkin bisa jadi kelemahan atau mungkin kelebihan saya…entah..
Yang jelas saya merasa nyaman saat itu…kalau saat ini, mungkin tetap masih sama cuman agak terkontrol..

Saya banyak melakukan observasi…dalam lingkungan keluarga….kantor…atau pergaulan sehari-hari..
Saya banyak menemukan fakta yang cukup membuat saya terusik..bahwa “mulut manis itu seringkali berbisa!”…banyak orang yang didepan nya manis, selalu “iya pak/bu”..”inggih pak/bu”..”sendiko pak/bu”….tapi dibelakang berputar 180 derajat sambil bilang “sontoloyo!”..”demit wedok”…”nenek sihir”…”kuntil anak”…”kuntil ibu”…”kuntil bapak” dbs-lah. Terus dimana yang salah?? saya istilahkan “cool outside, burn inside!” (english asal2an…sing penting ngerti maksudnya)
Menurut saya yang salah ya..orang2 ini tidak mau jujur pada dirinya sendiri!
Nalarnya, kalau sama diri sendiri aja tidak mau jujur, bagaimana dengan sama orang lain…
Pada prinsipnya dalam menghadapi konflik, anda harus bisa memposisikan dengan tepat..apakah anda akan aktif dan menghadapi konflik tsb atau pasif dengan menghindar? terserah anda pastinya, tak ada yang benar dan tak ada yang salah, yang membedakan ya tentu outputnya..apakah konflik itu selesai atau mejadi fenomena bola salju..

Nah, saya cukup yakin bahwa manusia bisa dan harus berubah!..bertransformasi menjadi lebih baik adalah wajib. Tinggalkan yang buruk2, bawalah yang baik2 (tapi jangan dipake alasan nyuri sendal di masjid ya..). Saya selalu berusaha untuk itu, meski hasilnya belum maksimal tapi setidaknya saya sudah berusaha.

Bagaimana dengan anda??

Tinggalkan Balasan

