Dunia Rafi

Dunia Memang Sempit!

Posted in CelotehAyah&Mama by wiratara on Maret 4, 2009

its_a_small_world_sign

Ungkapan bahwa dunia selebar daun kelor mungkin sudah sering kita dengar…namun sadarkah kita bahwa ungkapan itu memang hampir mendekati benar adanya???

Jaman dahulu (<1990), untuk mencari informasi tentang segala sesuatu yang kita butuhkan atau yang ada diluar sana (dunia) amatlah sulit…paling2 radio, tivi (itupun UHF masih jarang, masih pake parabola…itupun bila mampu…) dan hanya terbatas. Jaman berubah, teknologi berkembang, penemuan demi penemuan bermunculan, internet yang semula hanya dikonsumsi oleh segelintir orang (private good) berubah menjadi komoditas khalayak (meskipun tetap private good). Tua, muda, bahkan anak TK sekarang udah mahir pake internet. Via PC, laptop, HP, hingga blackberry…pake kabel (LAN), wireless, atau portable device (gak tau namanya)…wuih…jaman bergerak jauh lebih cepat. Sekat2 informasi mulai terkuak. Jarak, ruang dan waktu bukan lagi barrier yang bermakna. Hmm…dalam hitungan sepersekian detik mr.Google bisa mencari lebih dari sejuta artikel yang kita kehendaki…dalam sepersekian detik kita bisa mencari data seseorang tanpa harus repot2..tinggal ketik key words…enter..pufff….mr.Google segera menampilkannya…

Teknologi streaming juga semakin menceriakan suasana…bagaimana tidak, teleconference yang dulu hanya dipakai kalangan elit, kini sudah dapat dinikmati khalayak dengan murah meriah..seiring dengan munculnya YM, Skype, Voip de-el-el. Wuahhh..dunia semakin meriah! dan semakin sempit! Bahkan tanggal 27 feb kemarin kawan saya nikah jarak jauh via video konferens (cewek di Jepang, cowok di Pekalongan)..opo ora tumon!

Nah, kalau sudah begini, ungkapan dunia selebar daun kelor mungkin ada benarnya juga….(tentunya kontekstual bung!).

Salam,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: