Dunia Rafi

Play safe vs Risk Taking: It’s just a matter of choice!

Posted in CelotehAyah&Mama by wiratara on Januari 31, 2009
fish-4
Satu persatu temanku masuk ke dalam kotak kayu itu,
Kotak kayu yang cukup sempit dan ketika kita masuk kita harus menundukkan kepala dan berdiri setengah jongkok,
tapi ada yang mengherankan rupanya…mereka memasukinya dengan senyum yang mengembang, tawa yang riang, dan mimik yang gembira..
Wah, apa hanya aku seorang yang tidak mengerti ya??
atau memang aku memiliki pemikiran yang nyeleneh sehingga lain daripada yang lain??
Ah, tidak! mungkin itu hanyalah imajinasiku saja..kotak kayu itu mungkin hanya sempit dipintu masuknya tapi lapang didalamnya,
Mungkin juga benar, atau bisa juga salah!
Ketakutan saya adalah saya akan terjebak didalam kotak kayu itu…tak tahu dimana ujungnya..dan tak tahu untuk apa aku disana!
Dulu aku pernah ditanya: “Dayat, kalau kamu disuruh memilih; apakah kamu memilih menjadi ikan kecil tetapi didanau yang luas atau menjadi ikan yang besar tetapi didalam aquarium?? Waktu itu saya jawab: “saya mau menjadi ikan kecil didalam danau!”. “Kenapa?” tanya dia lagi. “Karena suatu saat saya akan bisa berkembang menjadi jauh lebih besar dari ikan di aquarium itu, dan aku bisa berenang dengan leluasa tidak terhambat dinding aquarium yang sempit”.
Nampaknya jawabanku hari itu masih cukup relevan dengan kondisiku saat ini. Saat ini mungkin saya adalah ikan kecil itu, yang berenang-renang bebas, bersusah payah mengais umpan untuk berkembang menjadi ikan yang besar, jauh lebih besar dari ikan didalam aquarium itu.
Terus pertanyaannya, apa yang akan terjadi dengan ikan di aquarium itu?? tentunya ikan itu akan menyesuaikan dirinya untuk tidak berkembang terlalu besar supaya dia tetap bisa berenang dan tidak terhimpit oleh dinding aquarium, atau mungkin dia akan memilih langkah yang cukup drastis: stagnasi! ya, mungkin saja dia memilih itu. Cukup logis!
Ikan besar di aquarium yang “safe” dengan ikan kecil didanau yang penuh “risk”; mereka berdua akan tetap tumbuh. Tumbuh dalam artian yang berbeda…tumbuh dalam ukuran yang berbeda. Tetapi dengan satu kesamaan: Keduanya sama-sama sudah menentukan pilihan!
Being saved like the big fish in the aquarium box or taking risk like the small fish in the great lake? it is just a matter of choice…but with a different destination!
 
my warmest regards,

Tinggalkan Balasan

