Dunia Rafi

Repro Foto – Foto Jadul

Posted in CelotehAyah&Mama by wiratara on Desember 22, 2008

repro-foto-kuliah-mama-ayahfinal1

 

Saya dan umumnya anda semua pasti memiliki banyak foto lama dalam bentuk cetak, dan umumnya diback up dengan versi negatif nya, dan apabila kita perlu digandakan tinggal dibawa ke studio foto untuk di “cuci”. Nah, kebayang nggak kalau fotonya sudah tidak ada lagi negatif nya, wah, gawat nih kalau yang versi cetak hilang, maka hilang sudah kenangan indah tersebut. Eit..sekarang dunia sudah maju coy..jangan takut..anda tinggal bawa foto tersebut ke studio foto untuk dibuat kan repro atau dibuat versi softcopynya. Enak kan…atau yang lebih murah lagi bisa dilakukan sendiri seperti foto kenangan ayah dan mama rafi diatas.

Caranya, foto kenangan versi cetak tersebut kita letakkan diatas kertas dengan latar belakang gelap, coklat tua, hitam atau biru tua, kemudian difoto dengan menggunakan kamera digital yang anda punya. Sebagai catatan, perhatikan pencahayaannya, gunakan pencahayaan yang cukup dan usahakan jangan ada pantulan dari foto ke kamera. Untuk kamera digitalnya di setting “Flash Off” dan “Macro ON” atau matikan flash dan hidupkan macro. Nah, lakukan pemotretan, lihat hasilnya dan sesuaikan pencahayaan dan “angle” foto sampai didapatkan hasil yang maksimal yaitu: gambar terang, tidak blur, dan tidak ada pantulan. Transfer gambar ke laptop atau komputer anda dan buka dengan program “Photoshop” atau “Paint” atau juga yang lebih sederhana “Microsoft office picture manager”. Gunakan tools yang ada disana untuk menyempurnakan foto anda tersebut dengan penyesuaian cahaya, kontras, atau kalau perlu sedikit diberikan efek.

Tips: untuk menyimpan softcopy, selain disimpan di harddisk atau di flashdisk/CD, biasanya ayah rafi menggunakan jasa penyimpanan file gratisan yang ada diinternet seperti wordpressfriendster, facebook, multiply dengan cara memposting gambar tersebut. Jadi sewaktu2 diperlukan tinggal dibuka dari mana saja dan kapan saja! atau cara yang lebih aneh dan ajaib lagi adalah dengan menyimpan di Yahoo mail. Caranya? ya mudah, tinggal “compose” mail, “attach” foto dan kirim ke alamat e-mail anda sendiri dan otomatis foto akan tersave di “sent item” dan juga di “Inbox”. Mudah bukan??

Selamat Mengamankan foto-foto anda…

salam,

Tagged with: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: