Dunia Rafi

Khitanan: Kewajiban sekaligus keselamatan – sebuah perspektif

Posted in General healths by wiratara on November 23, 2008

Sebuah Video Khitanan sekaligus prosesi adat masyarakat sunda

 

Bagi kita umat muslim, khitan atau pemotongan sebagian dari preputium/selubung penutup penis adalah suatu kewajiban. Sebagai tanda bahwa kita sudah memasuki masa akhil baliq, pada umumnya sekitar usia 12 atau 13 tahun. Di sebagian daerah, praktek ini sudah dilakukan oleh tenaga medis dan dengan peralatan steril dan pembiusan lokal yang memadai, tentu saja dengan obat paska khitan yang mumpuni. Tetapi didaerah pedalaman, praktek ini masih sering dilaksanakan oleh dukun atau paraji sunat dengan menggunakan peralatan yang tidak steril dan teknik yang mungkin cukup berbahaya.

Mungkin sebagian dari anda sudah tahu, bahwa ada prosentase kecil anak laki-laki mengidap penyakit hemofilia, sebuah penyakit keturunan yang memiliki tanda utama sulit berhentinya perdarahan dikarenakan kelainan pada faktor pembekuan faktor VIII, sehingga darah tidak bisa menjendal dan perdarahan yang terjadi akan terus mengucur. Tindakan medis berupa ligasi/pengikatan pembuluh darah atau kauterisasi/pembakaran pembuluh darah arteri atau vena untuk menghentikan perdarahan tergantung pada tingkat keparahan. Pada anak dengan kondisi ini khitan mutlak harus dilakukan dirumah sakit dengan fasilitas ruang operasi, mengingat risiko yang ditimbulkannya cukup besar hingga dapat berujung pada kematian.

Jadi, Ayahrafi menganjurkan kepada anda semua untuk membantu menyampaikan pesan bahwa tindakan khitan harus dilakukan oleh medis ataupun paramedis; atau pada kondisi tertentu dan tidak bisa dihindari (daerah dengan budaya lokal yang cukup kuat) bisa dilakukan paraji dengan supervisi atau pengawasan dari medis ataupun paramedis. Mengingat Khitan adalah wajib hukumnya dari segi agama, tetapi keselamatan anak manusia juga merupakan hal yang utama.

 

Salam,

Diemen, 23-11-08

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: