Dunia Rafi

Empat Bulan Tanpa Jantung!

Posted in General healths by wiratara on November 20, 2008

Teen receives new heart. (Y! News) 

Malam ini saya membuka video di Yahoo mengenai seorang remaja perempuan berumur 14 tahun yang harus menjalani transplantasi jantung dua kali dalam jeda waktu kurang lebih 4 bulan untuk menyelamatkan nyawanya dari kegagalan jantung akibat kardiomegali yang cukup parah (CHF). Menakjubkan? Belum..Yang menarik dari kasus ini adalah ketika transplantasi pertama dilakukan, selang dua hari kemudian dokter yang mengawasi melihat tanda-tanda bahwa jantung yang ditransplantasikan tidak berfungsi sebagai mana dengan mestinya, untuk itulah mereka kemudian mengoperasi remaja tersebut untuk mengambil kembali jantung yang telah dipasang.

Terus? apa yang menarik dari cerita ini? Setelah jantung tadi diambil kembali karena belum mendapatkan donor yang sesuai, remaja tersebut tidak bisa langsung mendapatkan jantung pengganti. Wah, sungguh rumit. Kemudian tim dokter mencoba dengan menggunakan jantung buatan (sintetis) dengan dua katup in and out dan disambungkan dengan alat pemacu dari luar tubuh. Jadi remaja ini 100% bergantung pada jantung buatan ini selama 118 hari, hingga akhirnya dia mendapat jantung yang pas untuk ditransplantasikan pada 30 Oktober lalu. Sungguh cerita yang luar biasa. Inilah bukti bahwa kemajuan ilmu pengetahuan memang memiliki dampak positif dalam beberapa hal. Walaupun banyak juga implikasi buruk yang ditimbulkannya akibat ulah oknum-oknum tertentu.

Lalu apa hal yang ingin dilihatnya ketika pertama kali keluar dari Rumah sakit setelah 4 bulan? ….Langit….Hal yang tampaknya sepele dan terkadang tidak kita acuhkan atau terkadang tidak kita sadari keberadaannya. Saatnya mensyukuri apa yang kita dapat hari ini, siapa tahu kita tidak akan mendapatkannya lagi esok pagi…

watch the video http://cosmos.bcst.yahoo.com/up/player/popup/?rn=3906861&cl=10743505&ch=4226713&src=news 

Wassalam and stay in syukur,

 

Diemen, 20-11-08

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: