Dunia Rafi

Holland, Dutch, atau The Netherland?

Posted in Nederland, The by wiratara on November 5, 2008

Assalamualaikum,

Gimana keadaan Holland? Aman?

Wah, pasti sudah dering kita dengar, baca atau lihat ketika orang pulang dari liburan atau sekolah di Belanda, kemudian sanak family bertanya dengan kalimat diatas, Holland yang dimaksud pastilah merujuk pada negara Belanda. Tapi tahukah anda, bahwa sebenarnya Holland adalah nama propinsi di Belanda? dan bukan keseluruhan dari Belanda. Saya yakin hanya sedikit yang tahu, saya juga pada awalnya bingung. Istilah Holland menurut wiki : Holland is a region in the western part of the Netherlands. A maritime and economic power in the 17th century, Holland today consists of the Dutch provinces of North Holland and South Holland. Dalam bahasa belanda disebut Noord Holland dan Zuid Holland, nah kalau amsterdam itu masuknya ke Noord Holland, termasuk Diemen tempat sekarang saya tinggal.

dutchlogo

Nah, kalau Dutch itu artinya etnis/suku asli Belanda. Suku ini juga sebagian mendiami Belgia, dan terdapat pula keturunannya yang bermigrasi ke negara-negara seperti Kanada, Afrika Selatan, Amerika Serikat dan Australia. Mungkin di Indonesia juga ada, kan 350 tahun mereka menjajah kita. Nah, kalau anda berkunjung ke Belanda, sempatkan anda berkunjung ke museum2 disini, anda akan terkejut karena sebagian isinya adalah barang-barang dari Indonesia! apakah ini tergolong pencurian?? gak jelas pasti, cuman mereka membawa barang2 tersebut saat masa penjajahan. hmmm…kisah yang memilukan…

Kembali ke istilah diatas, nah kalau The Netherland adalah kata yang tepat untuk menyebut Belanda dalam bahasa inggris. Tapi jangan pula dirancukan dengan The Netherland Antilles, yaitu gabungan dari beberapa pulau yang sebenarnya terpisah dari Belanda, tetapi memiliki riwayat menjadi koloni Belanda. Sejak beberapa waktu lalu melaksanakan referendum untuk menentukan keputusan apakan akan menjadi bagian otonomi dari Kerajaan Belanda atau terpisah.

So, kalimat yang benar adalah: Gimana keadaan ananda di Netherland? Aman?……Inggih Pakdhe, kawulo sae kemawon..matursembah nuwun..

 

Wassalam,

Ayahrafi

Diemen, 5 November 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: