Dunia Rafi

Thanks Oriental….

Posted in Nederland, The by wiratara on November 1, 2008

Di negeri orang? Pasti kangen masakan indonesia…Makanan negeri sendiri selalu yang terbaik!

Penduduk belanda sebagian besar mengkonsumsi roti sebagai makanan pokoknya, dengan kombinasi keju, sayuran dan buah. Rotinya pun berbeda karena mereka menggunakan whole grain, saya sebenarnya tidak tahu apa bedanya, tapi yang jelas seratnya agak kasar dan rasanya benar-benar tawar. Beda banget dengan roti tawar yang terkadang saya makan dirumah.

Hari pertama saya masak gaga mie goreng, karena itu yang saya bawa dari rumah, ditambah dengan roti yang didapet dari pesawat. Untungnya puasa, jadi ya makan seadanya. Pagi harinya, sahur juga masih dengan gaga mie, kemudian agak siang kami jalan2 dan belanja di Albert Heinz untuk pertama kalinya. Tidak terlalu jauh, cuman 10 menit jalan kaki dari flat. Disana kami dapet kentang dan juga roti whole grain yang dimaksudkan diatas. Disana saya juga belanja sayuran dan buah.

Malam kedua ini kami diundang Amar untuk gabung dengan komunitas PPME (Persatuan Persaudaraan Muslim Eropa) Al Ikhlas Amsterdam untuk ikut acara buka puasa bersama. Alhamdulillah, makanannya lengkap dan aduhai. Dan lebih untung lagi, saya disangoni makanan untuk sahur, wuiiih………

Malam Ketiga saya buka dengan kentang panggang dan blue band margarin. Menu yang aneh tapi cukup untuk mengenyangkan. Paginya seperti biasa gaga mie dan nasi dari beras sisa yang dikasih Dewi via si Francis. Lumayanlah..

Hari ke-empat ini ngampus, siangnya ada makan bersama penyambutan..tebak dimana? Di Restoran Indonesia! usut punya usut ternyata Course Coordinatornya (Prisca Zwanikken) penggila makanan Indonesia (Ayah dan Ibunya dulu tinggal di Indonesia jaman penjajahan, dia biasa dimasakin ibunya, sayur lodeh, opor ayam, sate, serundeng, dan masakan jawa lainnya)

Hari kelima kami memutuskan untuk mengembara mencari “toko Oriental” yang didengung-dengungkan Dewi. Kata dia, disana ada jual barang2 dari Indo, mulai dari indomie sampe tahu dan tempe. Dengan bekal info dari amar kami berlima (Saya, indria, wenita, viny dan Tadashi dari Jepang) sampai juga di Oriental. Wuah..senangnya..ketemu banyak orang indo..dan yang penting lagi ketemu beras pandan, tahu, tempe, cabe rawit, bawang dan semuanya…asyikk…home sweet home..akhirnya saya hanya bisa berucap….Thanks Oriental..

Tinggalkan Balasan

