Dunia Rafi

Sharing Kode E pada Makanan: Dicurigai Haram??

Posted in CelotehAyah&Mama by wiratara on November 1, 2008
Assalamualaikum,
 
Selamat sore rekan semua,
 
Sore ini saya ke Albert Heinz (AH) di Diemen, Amsterdam, dan membeli bebrapa bahan makanan dan snack untuk saya konsumsi sendiri. salah satu yang saya beli adalah AH Borrelmix atau istilahnya kacang campuran. Sebetulnya pertamakali saya ketemu snack ini adalah saat acara pesta penyambutan kami di KIT, serasa ada sesuatu yang tidak pas ketika saya berjumpa dengan snack ini, entah karena bentuknya..atau entah karena apa..saya pun gamang untuk mencobanya..tetapi karena teman2 memaksa dan saya pun agak tak enak saya kemudian mengambil beberapa butir dan kemudian saya makan.
 
Perjumpaan saya kedua dengan makanan ini adalah di tempat salah satu dosen saya, di den haag, entah kenapa rasa ragu itu muncul saat saya ingin mencoba makanan ini kembali, dan akhirnya perjumpaan ketiga adalah hari ini, ketika saya membeli satu bungkus untuk mengisi waktu luang. Rasa ragu itupun kembali menyeruak saat satu persatu kacang ini saya nikmati hingga akhirnya saya teringat, Astaghfirullah saya kan punya Google, kenapa saya tidak cari tahu? Naif dan malu rasanya memakan makanan yang tidak kita tahu halal atau haramnya hanya dengan alasan tidak tahu..dijaman era digital seperti ini.
 
Dan saya pun terperanjat bukan main…ASTAGHFIRULLAH…saya menemukan kode E120 dan E631 dibalik kemasan AH Borrelmix yang saya beli dan sedang saya nikmati…pdahal di blog yang saya temukan, 2 bahan tersebut positif mengandung lemak babi…wah, bagaimana ini…serasa saya speechless…………
berikut cuplikannya:

…..Karena itu saya mohon kepada sesama muslim dimana pun, untuk memeriksa secara seksama bahan-bahan produk yang kita konsumsi dan mencocokkannya dengan daftar E-CODES, berikut ini karena produk dengan kode-kode di bawah ini, positif mengandung lemak babi:

E100, E110, E120, E140, E141, E153, E210, E213, E214, E216, E234, E252, E270, E280, E325, E326, E327, E337, E422, E430, E431, E432, E433, E434, E435, E436, E440, E470, E471, E472, E473, E474, E475, E476, E477, E478, E481, E482, E483, E491, E492, E493, E494, E495, E542, E570, E572, E631, E635, E904.

selengkapnya bisa diakses via link:

http://ruangkopi.wordpress.com/2008/01/03/kode-lemak-babi-pada-makanan-dalam-kemasan/   info serupa juga terdapat diribuan blog, website atau milis diseluruh dunia.

 

Tetapi kemudian saya mencoba untuk mengelaborasi hal ini dengan mencari sumber2 lain yang kredibel dan mecoba mencari tahu asal muasal dari informasi ini yaitu Dr. Amjad Khan dan Shaikh Sahib, tetapi sayangnya tidak ada informasi yang valid mengenai siapa mereka dan apakah benar mereka yang mengeluarkan statement ini. Dan saya sampai pada sebuah pertanyaan getir, yaitu apakah mereka berdua benar-benar ada?

 

Akhirnya ditengah kegalauan hati saya menemukan situs halal guide dan telaah yang dilakukan oleh Dr. Ir. Anton Apriyantono (Mentan kita), klik link ini:

http://www.halalguide.info/content/view/407/38/

Beliau menjelaskan ikhwal dan asal muasal mengenai kode E ini status kehalalannya dan beberapa catatan penting, lumayan detail dan cukup menenangkan tentunya, karena situs halal guide ini terkoneksi juga dengan situs www.mui.or.id/ jadi saya berasumsi situs halalguide cukup valid.

 

Saya tidak akan mengklaim bahwa yang benar adalah informasi pertama yang mengharamkan kode E diatas atau info kedua yang menghalalkan dengan catatan pada beberapa kode tertentu. Saya yakin anda semua jauh lebih mumpuni dan kembali lagi bahwa kita masing-masing yang akan bertanggungjawab atas apa yang kita lakukan.

 

Saleum dari Ayah rafi

Tinggalkan Balasan

