Dunia Rafi

Saatnya pemuda memimpin dunia

Posted in CelotehAyah&Mama by wiratara on November 1, 2008
Saya jadi teringat sebuah ungkapan atau pepatah atau kata bijak atau apapunlah… bunyinya begini: “Setiap Pemimpin ada Masa-nya dan Setiap Masa ada pemimpin-nya”, mudah-mudahan kalimat ini tidak membingungkan anda.
 
Dunia saat ini sedang dalam masa transisi kepemimpinan, US sebagai negara yang “mentahbiskan” diri menjadi pemimpin dunia sedang mengalami Dua hantaman krisis sekaligus, krisis finansial yang maha dahsyat dan juga Krisis kepemimpinan. Anda bisa lihat bagaimana kalangkabutnya pemimpin, praktisi keuangan, dan para elit politik disana menghadapi kredit macet. George W Bush (GWB) dengan skenario penyelamatan ekonomi-nya dengan mengucurkan ratusan milyar dollar untuk mengatasi krisis nampaknya belum menghasilkan efek yang nyata. Tapi seolah2 US mengarahkan opini bahwa ini upaya untuk menyelamatkan dunia dari krisis finansial! padahal ulah siapa hayo….Karena mereka berpikiran bahwa US adalah “The Ruler of the world/they rule the world” dan bukan “Leader of the world/they lead the world”.
 
Hebatnya, hal ini juga mempengaruhi stabilitas finansial dunia! Padahal kan masalahnya cuman di US? Why? saya kurang ngerti benar (maklum praktisi medis membahas masalah ekonomi, jadinya kacau dan meracau), tapi yang pasti saya berasumsi bahwa ini adalah kegagalan skenario keuangan global yang digawangi amerika (dan kita ikut didalamnya, entah ada kontribusi atau sebagai pelengkap penderita).
 
Krisis finansial ini membuat kepercayaan masyarakat US terhadap GWB menurun drastis, untungnya mereka sedikit terhibur dengan pemilu pilpres yang tanggal 4 ini rencananya dilaksanakan. Apa pasal? Ya tentu saja Obama-holic dong..terus apa pula bawa-bawa Obama..Ya iyalah! Obama adalah tumpuan harapan terakhir Amerika untuk keluar dari krisis ini. Kenapa bukan Mc Cain? Ya karena mereka mengharapkan menemukan sesuatau yang baru dari seorang pemimpin yang baru (Obama dulunya kan senator jadi tidak dianggap sebagai komplotan GWB), tapi Apa beda dengan Mc Cain? Mc Cain dikenal pendukung setia GWB, jadi you know lah (ini bukan kampanye lho ya..wong kalian gak ada yang punya hak pilih di US kan?). Jadi saat ini mereka sedang mengalami krisis kepemimpinan yang cukup berat.
 
Kedua krisis ini membuat posisi US sebagai The Ruler of the world menjadi goyang (posisi US sangat kuat lho, mengalahkan UN malah, coba lihat cerita Perang Iraq, Afghanistan dan juga rencana US menyerang Iran dengan skenario Nuklir bodong mereka, dimana UN melalui badan pemeriksa nuklir IAEA menyatakan tidak ditemukan nuklir di Iran tapi US ngotot mau menyerang Iran (untung Iran punya Ahmadinejad! ) dan skenario 9/11 sebagai pembenaran menyerang Afghanistan, padahal pakar2 di US sendiri mengatakan bahwa ini adalah INSIDE JOB! alias kerjaan mereka sendiri, dan ada asumsi bahwa semua hal itu adalah bagian dari Skenario Minyak US, as you know lah, US sangat tergantung dari minyak timteng untuk sebagian besar enerji mereka jadi kalau bisa gratis kenapa harus bayar, mungkin gitu – peace ).
 
Sayangnya belum kelihatan ada sebuah negara yang berani menyodok ke depan dengan memposisikan diri menjadi kompetitor US (saya pernah baca, tapi entah dimana, bahwa salah satu negara yang potensial menggeser kedudukan US adalah CHINA).
 
So, akankah kita suatu saat mampu menggeser posisi ini dan menjadi yang terdepan (dalam konteks positif tentunya)?
 
Pasti! (saya optimis), tapi tentunya dengan persiapan yang baik. Negeri ini menunggu kiprah anda dalam bentuk karya nyata. Karya yang konstruktif dan bersinergi dengan konteks budaya dan kearifan lokal yang ada, sehingga membuat negara kita maju dengan elegan, maju dengan tidak melunturkan ciri ke khas-an budaya indonesia yang adiluhung, maju dengan mengedepankan profesionalisme dan bukan KKN, maju bersama dengan tidak meninggalkan sebagian yang lain terpuruk dibelakang, maju dengan semboyan “Bersama kita bisa!”..ha.. .ha…ha. ..itu mah udah dikapling jadi semboyan pak SBY untuk 2009!
 
So, saatnya yang muda yang berjaya! “Setiap Pemimpin ada Masa-nya dan Setiap Masa ada pemimpin-nya”
 
saleum,
 
Selamet Hidayat
…Menghentikan perubahan adalah kemustahilan, karena di dunia ini tidak ada yang abadi kecuali ketidakabadian itu sendiri….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: